Langsung ke konten utama

Merawat kucing


Artikel ini ditujukan buat kalian yang pecinta kucing. Walau kadang ngeselin, kucing itu efektif banget untuk mengurangi stres! Selain menggemeskan, kucing juga bisa menjadi teman di kala sedih. Namun itu semua akan berlangsung mulus bila kamu tahu cara merawat kucing di rumah dengan benar! Buat yang belum tahu, yuk simak beberapa tips dari Blog Blibli Friends ini!

1. Pahami kebutuhan dan asupan gizinya dari kecil

Cat Lovers, Sudah Tahu 9 Tips Merawat Kucing Ini?
Via – The Spruce

Tahu nggak, kalau anak kucing membutuhkan jumlah gizi dua kali lebih besar dibandingkan kucing dewasa? Namun bukan artinya harus diberi makan terus ya!

Biasanya anak kucing akan mulai belajar makan setelah umur 5-6 minggu meski masih menyusu pada induknya. Kamu bisa memberikan makanan secara rutin 4 kali setiap hari. Pastikan juga kamu memilih makanan kucing yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi untuk kesehatan si kucing.

Temukan makanan kucing disini

2. Jangan berikan makanan anjing untuk kucing!

Cat Lovers, Sudah Tahu 9 Tips Merawat Kucing Ini?
Via – careforyourcat

Hal yang satu ini terkadang dilakukan oleh kamu yang memang merawat kucing dan anjing. Biasanya karena alasan menghemat biaya, kamu hanya akan membeli makanan untuk satu jenis hewan saja.

Perlu kamu ketahui bahwa makanan anjing nggak memiliki kandungan taurin. Kandungan tersebut merupakan nutrisi yang dibutuhkan kucing untuk mencegah penyakit jantung dan penglihatan kabur.

3. Kucing adalah karnivora alami!

Cat Lovers, Sudah Tahu 9 Tips Merawat Kucing Ini?
Via – todayifoundout

Berilah kucing makanan yang berasal dari daging hewan seperti ayam, sapi, atau ikan. Oleh karena itu, makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan sebaiknya dihindari. Karena makanan tersebut nggak mampu dicerna dengan baik oleh si kucing. Jangan lupa dimasak dulu ya!

Nggak sedikit lho, kucing malah diberikan makanan berupa sayuran dan nasi. Padahal hal ini akan membuat kotorannya lebih berbau dibanding kucing yang memakan daging.

Temukan snack untuk kucing disini

4. Mandikan kucing secara teratur

Cat Lovers, Sudah Tahu 9 Tips Merawat Kucing Ini?
Via – Amazon

Merasa nggak nyaman dengan bulu kucing yang mulai berbau? Kamu bisa kok memandikannya sesekali. Saat memandikannya, sebaiknya kamu pilih air dingin. Karena air panas hanya akan merusak bulu dan menyebabkan iritasi kulit pada kucing. Jika kucingmu rewel, gunakan tisu basah. Agar lebih wangi, kamu bisa juga semprotkan parfum khusus kucing ke badannya untuk menghindari pertumbuhan kutu.

5. Sikat bulu kucing secara rutin

Cat Lovers, Sudah Tahu 9 Tips Merawat Kucing Ini?Meski kucing merupakan hewan peliharaan yang cukup mandiri, nggak ada salahnya jika sesekali kamu memanjakannya. Kamu bisa memulainya dengan sering-sering menyikat bulunya dengan sisir khusus. Terlebih jika kucing yang kamu pelihara memiliki bulu yang tebal. Selain dapat membuat kucing merasa nyaman, hal ini juga bisa membantu menghilangkan rambut mati, kuman dan bakteri pada bulu kucing.

6. Pergi keluar dan bermain dengannya

Cat Lovers, Sudah Tahu 9 Tips Merawat Kucing Ini?
Via – beaconsinn

Seperti halnya kamu, pasti bosan dong terus-terusan berada di rumah? Merawat kucing pun termasuk membawanya jalan-jalan dan hepi-hepi! Biar nggak cuma raga, tapi jiwanya juga senang.

Bila sulit ajak jalan-jalan, kamu tetap bisa menghiburnya kok. Belilah beberapa mainan kucing biar dia makin aktif dan lincah.

7. Ajarkan kebiasaan hidup sehari-hari

Cat Lovers, Sudah Tahu 9 Tips Merawat Kucing Ini?
Via – doodycalls

Biasanya setelah berusia satu bulan, induk kucing akan membiarkan si anak kucing untuk membersihkan dirinya sendiri. Misalnya untuk buang kotoran dan pipis. Jika nggak diajarkan dengan benar, si kucing akan terbiasa untuk bersekresi dimana saja.

Untuk itu, sebaiknya sejak kecil, mulailah ajarkan kebiasaan baik pada si kucing. Kamu bisa menyediakan litter box untuk toiletnya. Sediakan juga tempat makan dan minum serta tempat tidur. Sehingga hidup si kucing lebih teratur sejak dini.

8. Bersikap tegas pada perilaku buruknya

Cat Lovers, Sudah Tahu 9 Tips Merawat Kucing Ini?
Via – The Huffington Post

Nggak hanya manusia lho, yang tiba-tiba bisa berubah bad mood. Kucing juga merupakan hewan yang cukup moody. Nggak heran jika terkadang si kucing menggigit atau mencakar tangan kamu secara tiba-tiba.

Jika kamu menemukan hal tersebut, pastikan kamu bersikap tegas pada perilaku buruk yang ia tunjukkan. Misalnya dengan menyebutkan kata “Jangan!” kemudian mengusap kepalanya.

Jika dilakukan terus menerus saat si kucing berperilaku buruk, maka si kucing perlahan-lahan akan mengerti. Merawat kucing itu butuh kesabaran.

9. Merawat kebersihan dan kesehatan tubuhnya

Cat Lovers, Sudah Tahu 9 Tips Merawat Kucing Ini?

Rajin-rajinlah membersihkan gigi, telinga, dan kuku kucing. Tempat-tempat inilah yang biasanya sangat rentan terhadap kuman dan bakteri. Selain itu, jika dibiarkan kotor, hal ini bisa menyebabkan infeksi dan penyakit pada kucing!

Selain membersihkan tubuhnya dari luar, sesekali berilah si kucing obat cacing secara rutin dalam 3 bulan sekali. Jangan lupa juga, berikan vaksin rabies setahun sekali.

Merawat kucing membutuhkan tanggung jawab yang besar dan nggak main-main. Selain dituntut untuk bisa memahami kebutuhannya, kamu juga harus siap untuk direpotkan kapan saja.

Bagi kamu yang tertarik untuk memelihara kucing, atau masih pemula, Blibli.com siap membantu kerepotan kamu dalam merawat kucing kesayanganmu! Kamu bisa menemukan berbagai perlengkapan perawatan hewan peliharaan yang kamu butuhkan.
Mulai dari makanan kucingmainan kucingkandang kucingvitamin untuk kesehatan kucing dan masih banyak lagi. Tunggu apa lagi, yuk buruan di pesan sekarang juga!



Komentar